You can replace this text by going to "Layout" and then "Edit HTML" section. A welcome message will look lovely here.
RSS

Sabtu, 27 September 2014

Teknologi Informasi dan Komunikasi


PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah “interkoneksi” antara dua komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel(wireless).
Autonomous adalah jika sebuah komputer tidak melakukan sebuah kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga komputer lain dapat melakukan restart,shut down,kehilangan file, atau kerusakan sistem.
Dua unit komputer dikatakn terkoneksi apabila keduannya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti : file, printer, media penyimpanan(harddisk, floppy disk, CD-Rom, flashdisk, dan lain-lain). Data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak dalam printer yang sama dan menggunakan Hardware/Software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama.
Jaringan internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer di seluruh dunia, tanpa batas negara, di mana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini, hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP) seperti Telkom Speedy, atau Indosat Net. Internet dapat diterjemahkan sebagai International Networking(Jaringan Internasional), karena menghubungkan komputer secara Internasional, atau sebagai Internetworking (Jaringan Antar Jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan di seluruh dunia.

PRINSIP DASAR JARINGAN

Dengan pesatnya perkembangan sistem informasi teknologi dan komunikasi sekarang ini, mulai dari terciptanya komponen Chip-IC(Integrated circuit), penemuan peralatan elektronik, sampai merambah ke perkembangan teknologi komputer, mainframe, mini komputer sampai ke micro computer
Sejarah Jaringan Komputer
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang di pimpin Profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.
Di tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer harus melayani beberapa terminal. Untuk itu, ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS(Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan(network) komputer di aplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri
Memasuki tahun 1970-an, mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karna selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antarkomputer (Peer To Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula, ketika internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.

Jenis-Jenis Jaringan    
Secara umum, jaringan komputer terbagi menjadi 5 jenis jaringan, yaitu LAN, MAN, WAN, internet dan jaringan tanpa kabel.
1.      Local Area Network
LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil. Umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh dari sekitar 200 M.

2.      Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu derah (wilayah seperti provinsi atau Negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh, yaitu: jaringan beberapa kantor cabang, sebuah bank didalam sebuah kota besar yang diubungkan anatara satu dengan lainnya.

3.      Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit atau pun kabel serat optik, karena jangkaunnya yang lebi luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kotadalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau suatu area atau wilayah otoritas Negara lain.
Sebagai contoh, jaringan kantor city bank yang ada di Indonesia ataupun di Negara lain yangsaling berhubungan, jaringan ATM Master Card, Visa Card, atau Cirrus yang terbesar di seluruh Dunia, dll.
Biasanya, WAN lebih rumit dan sangat kompleks jika dibandingkan MAN maupun LAN.  Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti Internet. Meski demikian, antara LAN, MAN, dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup area nya saja yang berbeda.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakn perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainya. Keinginan seperti ini memerlukan hunbungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan pelaksanaan terjemahan, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut Internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya, orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walupun sedang berada didalam mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan, karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat dalam pesawat atau mobil. Saat ini, jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa. Satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan jaringan menggunakan kabel.
Tipe-Tipe Jaringan
Dalam jaringan terdapat 3 buah peran yang dijalankan, diantaranya :
b  Client: perannya hanya sebatas pengguna tetapi tidak menyediakan sumber daya(sharing), informasi, dan lain-lain
b  Peer: client yang menyediakan sumber daya untuk di bagi kepada client yang lain sekaligus memakai sumber daya yang tersedia pada client yang lain (peer to peer).
b  Server: menyediakan sumber daya secara maksimal untuk digunakan oleh client, tetapi tidak memakai sumber daya yang disediakan oleh client.

Topologi Jaringan
Topologi adalah tata cara menghubungkan antarkomputer sehingga komputer yang digunakan adalah yang satu dengan komputer lainnya dapat saling komunikasi dan membentuk suatu jaringan.







Macam-Macam Topologi Jaringan
Ada beberapa jenis topologi yang sering terdapat dalam hubungan komputer padajaringan local area,antara lain sebagai berikut:

|  Topologi Bus
Topologi ini merupakan bentangan suatu kabel yang kedua ujungnya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node. Sinyal dalm kabel dengan topologi ini dilewati satu arah, sehingga memungkinkan sebuah collision (tabrakan dua paket data) terjadi.
|  Topologi Ring
Topologi ini mempunayi karakteristik yaitu jaringan berupa lingkaran tertutup ynag berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision.
|  Topologi Star
Topologi star yaitu masing-masing terminal dalam jaringan dihubungkan ke titik pusat (server) menggunakan jalur utama(hub) semua sambunganantar terminal harus diteruskan melalui server. Server bertindak sebagai pengatur dan pengendali seluruh komunikasi data yang terjadi.
|  Topologi Hierarki         
Topologi Hierarki yaitu terminal yang kedudukannya lebih tinggi menguasai terminal yang ada dibawahnya. Jaringan ini tergantung pada terminal yang kedudukannya paling tinggi.
|  Topologi Mesh
Topologi ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran yang harus disediakan untuk membentuk jaringan mesh adalah jumlah sentral dikurangi satu angka (n – 1, n= jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.

Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat jaringan komputer bagi user, yaitu untuk kebutuhan perusahaan dan jaringan untuk umum.
Adapun manfaat jaringan komputer untuk umum adalah sebagai berikut. Jaringan akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan.

Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan, yaitu :
R  Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment,e-commerce, atau e-bussiness, semuanya up to date)
R  Komunikasi person to person (seperti e-mail,chatting,video confrence, dan lain-lain)
R  Hiburan interaktif (seperti menonton TV online, radio streaming, download lagu atau film, dan lain-lain)

Tujuan Utama Jaringan Komputer
Tujuan utama pembanguna sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah sebagai berikut
«  Resource sharing yaitu bertujuan agar seluruh program, peralatannya, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang terhubung pada jaringan tersebut
«  Saving Money (penghematan uang/anggaran) yaitu perangkat dan data yang dapat di share akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang di tiap-tiap unit komputer
«  High Reliabelity (kehandalan tinggi) yaitu sistem informasi manajemen kantor terpadu atau sistem pelayanan satu atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat di terapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat, dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan

Kelebihan Jaringan Internet
z  Sistem keamanan dan jaringan administrasi lebih baik, karena terdapat seorang seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan
z  Sistem Backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam  jaringan
z  Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, fax/modem, printer
z  Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan
z  Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada suatu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalmi gangguan

Kekurangan Jaringan Komputer                    
b  Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation
b  Sistem, keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut
b  Biaya operasional relatif lebih mahal
b  Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server
b  Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terjaga                                                                                                                                                                          

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar